Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sampit

Sampit – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sampit JOKO SURONO, SH,MH melaksanakan serah terima Jabatan Kepada Kepala Kantor Imigrasi yang baru BAMBANG CASMANI,SH,MH, acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 07 Oktober 2017 di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas II Sampit.
Joko Surono, SH,MH yang telah memimpin Kantor Imigrasi Kelas II Sampit selama sekitar 4 tahun mendapat tugas baru sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian di Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau, sementara Bambang Casmani, SH,MH, sebelumnya menjabat Kepala Sub Bidang Izin Tinggal dan Status Keimigrasian di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah AGUS PURWANTO, SH, MH dan Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Sampit, Kakanwil berharap apa yang sudah dirintis dan dikerjakan sebelumnya dapat dianjutkan dengan baik.
Kerjasama internal dan ekternal Kantor Imigrasi Kelas II Sampit dapat diteruskan dan dilanjutkan dengan sungguh-sungguh dan kepada Kepala Kantor yang baru diharapkan benar-benar mengenali dan memahami tugas pokok dan fungsinya.

BAMBANG SETYABUDI NAHKODAI DIVISI PELAYANAN HUKUM DAN HAM KALTENG

Palangka Raya (09/08) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah hari ini Rabu 9 Agustus 2017 bertempat di Aula Kantor Wilayah Jalan Adonis Samad Palangka Raya melaksanakan acara serahterima jabatan Pejabat Tinggi Pratama yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dari Purwanto ke Bambang Setyabudi yang disaksikan langsung penandatanganan berita acara serah terima jabatan tersebut oleh Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto. Acara sertijab ini dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB yakni setelah pelaksanaan pelantikan 3 orang Notaris wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang lama Purwanto dalam sambutan perpisahannya mengatakan bahwa dirinya melaksanakan tugas di Kantor Wilayah tepat selama 3 tahun lamanya. Dalam waktu perjalanan selama 3 tahun tersebut kata Purwanto dirinya mengalami 4 kali pergantian Kepala Kantor Wilayah yakni Haviluddin, Bambang Widodo, Pondang Tambunan dan Agus Purwanto. Menurut Purwanto banyak kenangan yang dapat diambil selama menjalankan tugas disini, kerjasama tim yang kompak dari Divisi serta semangat dan tanggung jawab penuh dari masing-masing bidang yang ada sehingga pelaksaan tugas bisa berjalan dengan baik. Begitu juga halnya dengan dukungan dari rekan-rekan divisi yang lain. Harapannya mudah-mudahan ditempat tugas yang baru nantinya juga tercipta yang yang serupa. Dalam kesempatan ini pula Purwanto meminta maaf kepada seluruh pegawai dilingkungan Kantor Wilayah karena menurutnya sebagai manusia kita tidak pernah luput dari salah dan khilaf oleh karena itu dari hati yang paling dalam dirinya mohon pamit dan minta doa semoga suatu saat bisa bertemu dan berkumpul kembali.

Sementara itu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang baru Bambang Setyabudi dalam sambutan perkenalannya mengatakan bahwa dirinya sangat terkejut akan pelaksanaan acara resmi yang dilaksanakan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah. Menurutnya ini adalah suatu kehormatan bagi dirinya atas penyambutan yang dilakukan rekan-rekan di Kalimantan Tengah. Kata Bambang, tidak banyak kata yang dapat diungkapkannya yang pasti dirinya akan melanjutkan apa yang telah menjadi program dari Kepala Divisi sebelumnya sehingga pelaksanaan tugas bisa tercapai dan terealisasi dengan Baik. Pada perkenalannya Bambang mengatakan sebelum di Kalimantan Tengah dirinya selama 7 bulan menjadi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM di Kanwil Kemenkumham Papua Barat, sedangkan untuk basic dirinya yaitu berasal dari inspektorat. Diakhir sambutannya Bambang mengucapkan terimakasih atas penerimaan yang dilakukan rekan-rekan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, dirinya mohon bimbingan dan arahan Kepala Kantor Wilayah dalam melaksanakan tugas sehingga nantinya bisa berjalan dengan baik seperti yang telah dilakukan oleh Kepala Divisi sebelumnya.

Terakhir, Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara sertijab ini merupakan suatu kehidupan yang selalu bergulir kapan saja dan dimana saja, ada plus minus juga ada suka dan duka. Selama 7 bulan bersama Kadiv Yankum dan HAM Purwanto Agus menilai bahwa Purwanto merupakan orang yang bersahaja dan bisa bekerjasama dalam rangka memajukan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Atas dedikasi tersebut Agus mewakili segenap Insan Pengayoman yang ada di Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih dan memohon maaf apabila ada salah dankhilat selama bekerja bersama. Pada kesempatan ini pula Agus mengucapkan selamat datang kepada Kadiv Yankum dan HAM yang Baru Bambang Satyabudi. Menurut Agus dengan latar belakang sebagai mantan Auditor diharapkan bisa membantu atas kebijakan yang dikeluarkan. Agus juga mengharapkan dengan kehadiran Kadiv Yankum dan HAM yang baru diharapkan akan memberi warna yang baik terhadap kemajuan Kantor Wilayah yakni dengan mengatasnamakan disetiap pekerjaan dengan 3 T yakni Tertib Administrasi, Tertib Manajemen dan Tertib Kepemimpinan. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng).

CPNS KEMENKUMHAM 2017 TELAH DIBUKA, KANWIL LAKSANAKAN RAPAT PANITIA VERIFIKASI BERKAS

Palangka Raya – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, awal Agustus ini dimulai sejak tanggal 1 s.d 31 Agustus 2017 telah dibuka pendaftaran CNPS melalui jalur On Line. Pada tahun 2017 ini Kementerian Hukum dan HAM RI membuka formasi penerimaan pegawai sebanyak 17.526 orang dimana untuk formasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mendapatkan jatah sebanyak 358 orang. Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto yang didampingi Kepala Divisi Administrasi Hajrianor bersama dengan Seluruh Pejabat di Divisi Administrasi dan seluruh Staf di Sub Bagian Kepegawaian dan Tata Usaha melakukan rapat bersama pada Selasa (01/08) membahas tentang pelaksanaan verifikasi berkas CPNS 2017.

Dalam arahannya Agus meminta kepada seluruh anggota rapat yang hadir nantinya diberikan peranan dan tanggungjawab masing-masing sehingga dalam proses penerimaan dan verifikasi berkas bisa berjalan dengan baik. Tentunya menurut Agus diharapkan pada penerimaan CPNS Tahun 2017 ini kiranya bisa mengatasi masalah kekurangan pegawai terutama untuk petugas Pemasyarakatan dan Imigrasi dilingkup Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah. Agus juga berpesan kepada petugas yeng melakukan verifikasi berkas agar cermat serta teliti didalam melakukan verifikasi sehingga nantinya tidak ada komplain dari pendaftar disaat pengumuman kelulusan berkas, yang nantinya sebagai syarat utama untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya.

Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dalam hal ini sebagai Ketua Panitia di Daerah menyampaikan persiapan-persiapan yang telah dilaksanakan untuk seleksi CPNS Tahun 2017 ini. Dalam laporannya Hajrianor mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan penunjukan sub koordinator dan anggota kepanitiaan di daerah. Terkait dengan penerimaan CPNS ini pula pihaknya telah melakukan koordinasi keinstansi terkait seperti Kantor Pos, Badan Kepegawaian Daerah, Disperindag, Kepolisian dimana instansi tersebut mempunyai tugas masing-masing terkait penerimaan CPNS ini. Sementara itu Sekretaris Panitia Daerah yang juga Kepala Bagian Umum Budio Haryono menyampaikan bahwa hasil kegiatan teknis Aplikasi SSCN BKN di Jakarta dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara. Hal ini yang perlu diperhatikan dalam seleksi administrasi adalah perhitungan usia,serta perhitungan nilai ijazah yang rata-rata 7,00. Berkas surat lamaran pakai Materai serta persyaratan lainnya seperti KPT dan pernyataan lainnya dapat diunduh melalui situs cpns.kemenkumham2017.go.id.

Sementara itu pada hari Rabu (03/08) Hajrianor Ketua panitia Daerah Penyelenggara Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2017 di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah menyerahkan secara simbolis berkas yang masuk kepada Ketua Sub Verifikator Berkas Khudloifah dengan disaksikan Sekretaris Panitia Daerah dan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas serta Humas Kantor Wilayah. Dalam penyerahan ini Hajrioanor berpesan agar mulai sekarang tim yang ditunjuk untuk melakukan verifikasi mulai bekerja dari sekarang, karena apabila dilaksanakan nanti takutnya akan kewalahan karena diperkirakan berkas yang akan masuk ke Kantor Wilayah membludak sehingga kita akan dibawa sedikit kerepotan. Hajrianor juga menitipkan pesan Kepala Kantor Wilayah agar dalam melakukan verifikasi berkas dilakukan secara cermat, teliti dan hati-hati. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng).

SUB BAGIAN PPHTI KANTOR WILAYAH KUNJUNGI POS IMIGRASI DI PANGKALAN BUN

Pangkalan Bun – dalam rangka kegiatan monitoring pelaporan ke beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kabupaten Kotawaringin Barat di Pangkalan Bun, Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan Teknologi Informasi (PPHTI) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah menyempatkan berkunjung kesalah satu unit kerja Kantor Imigrasi Kelas II Sampit yakni Pos Imigrasi Pangkalan Bun. Rombongan Tim dari PPHTI ini dipimpin langsung Kepala Bagian Program dan Pelaporan H. Mahrijuni dengan didampingi Kasubbag PPHTI Liyana dan 3 petugas yang menangani Pelaporan Humas dan Teknologi Informasi dalam rangka mengangkat peran tugas dan fungsi Pos Imograsi Pangkalan Bun. Disaat kunjungan rombongan diterima langsung Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Sampit Sofyan yang kebetulan kena jadual bertugas di Pos Imigasi Pangkalan Bun.
Menurut Sofyan saat melakukan perbincangan dengan Tim dari PPHTI Kantor Wilayah mengatakan bahwa tugas Pos Imigrasi yakni melakukan pendataan serta melakukan pemeriksaan terhadap dokumen keimigrasian pada WNA/WNI yang melakukan pendaratan kapal di Pelabuhan Kumai Panglakan Bun. Saat ini menurut Sofyan pendaratan kapal dipelabuhan Kumai dalam satu bulan berkisar antara 7 sampai 8 kapal dan dalam satu kapal bisa membawa awak kapal antara 18 sampai 20 orang yang terdiri dari WNA dan WNI. Sementara apabila tidak ada pendaratan kapal pihaknya hanya berada di Pos Imigrasi yakni melayani masyarakat yang meminta informasi terhadap pelayanan keimigrasian.

Sementara itu dari Sampit, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sampit Joko Surono dalam keterangannya mengatakan bahwa Pos Imigrasi yang berada di Pangkalan Bun merupakan pos perbantuan yang dalam tugas dan fungsinya memberikan layanan informasi kepada masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat yang ingin membuat dokuemen Keimigrasian seperti meminta persyaratan paspor dan lainnya juga sekaligus sebagai pos pengawasan terhadap lalu lintas orang asing yang berada di wilayah kabupaten Kotawaringin Barat dalam hal ini pengawasan terhadap pendaratan kapal-kapal asing di pelabuhan Kumai Pangkalan Bun. Menurut Joko, dalam 1 bulan sekali pihaknya melakukan rolling kepada seluruh pegawai Kanim Sampit untuk bertugas di Pos Imigrasi Pangkalan Bun, dan dibuat Surat Keputusan Penugasan sehingga ada rasa tanggungjawab dalam melaksanakan tugas walaupun jauh dari pantauan dirinya sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sampit. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng).