Berita

Hasil Survei IKM dan IPK Imigrasi Sampit Periode Juni 2021

Hasil Survei IKM dan IPK Imigrasi Sampit Periode Juni 2021

Sampit – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit (Karsa) secara rutin melaksanakan survei internal dari sisi integritas seluruh pegawai maupun eksternal secara  kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik. Keseluruhan survei tersebut dilaksanakan secara elektronik dikenal dengan e-survey. Keseluruhan hasil survei dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk peningkatan kualitas layanan serta mewujudkan pelaksanaan good governance. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkup Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit.

Data pendapat responden tersebut telah dianalisis dan diolah sehingga mendapatkan indeks sesuai dengan perhitungan dengan ambang batas yang ditetapkan. Hasil Survei Indeks KepuasanMasyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) bulan Juni tahun 2021 dipublikasikan melalui kanal media sosial dan website resmi Imigrasi Sampit. Survei IKM sendiri merupakan survei yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Keimigrasian yang telah didapat masyarakat. Sedangkan Survei Indeks Persepsi Korupsi merupakan survei yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat korupsi, gratifikasi atau tindakan percaloan di lingkungan Kantor Imigrasi Sampit.

Indeks Kepuasan Masyarakat pada Kantor Imigrasi Sampit pada bulan Juni tahun 2021 menunjukan nilai 19.75 ambang batas 20 (dua puluh) dengan mutu pelayanan A (Sangat Baik) dari 8 (delapan) indikator pelayanan. Indeks tersebut diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 37 (tiga puluh tujuh) responden. Hal ini juga diikuti oleh Indeks Persepsi Korupsi pada bulan Mei dengan nilai  14.90 dengan ambang batas 15 (lima belas) dari 5 (lima) indikator pelayanan.

Secara keseluruhan hasil survei IKM dan IPK Imigrasi Sampit periode Juni menunjukan penilaian yang baik dan meningkat dari bulan sebelumnya atas proses bisnis internal dan penyelenggaraan layanan publik yang diharapkan akan mendukung semangat seluruh pegawai Kantor Imigrasi Sampit untuk terus membangun Zona Integritas di Kantor Imigrasi Sampit.

Menu