Berita

Imi-Provement : Langkah Nyata Menuju Humas Imigrasi Yang Kapabel

Kamis (09/09) – Humas Direktorat Jenderal Imigrasi kembali melaksanakan kegiatan webinar dengan tajuk “Imi-Provement Part I : Menuju Ruang Redaksi Digital” yang diikuti oleh seluruh insan imigrasi yang mengemban tugas dan fungsi kehumasan baik di UPT, Kantor Wilayah, dan Perwakilan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (08/09) dimulai pukul 08.00 WIB yang juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube Dijen Imigrasi. Diawali dengan Laporan Kabag Humas (Arya Pradhana Anggakara) dengan menyampaikan tujuan, tema, serta narasumber yang memberikan ilmu dan materi pada webinar kali ini.

Dilanjut dengan sambutan dan arahan dari Sekretaris Ditjen Imigrasi dimana beliau sangat berharap dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan dan kapabilitas para pelaku kehumasan di era revolusi digital yang sangat pesat dengan tujuan meningkatkan citra positif Imigrasi terlebih Kemenkumham RI.

Narasumber pertama yang berbagi ilmu adalah Bane Raja Manalu yang juga merupakan Tim Strategi Komunikasi Kemenkumham RI. Ilmu yang dibagi adalah bagaimana berpikir sebagai seorang penerbit dengan tujuan imigrasi hadir sebagai problem solver di era media konvergensi yang menuntut respon cepat, konten berita yang dikelola dengan baik, serta memahami audiensi.

Dilanjut dengan narasumber dari Plt. Kabiro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI dan Kasi Strategi Komunikasi dan Opini Publik Ditjen Bea dan Cukai. Kedua narasuber ini menyampaikan materi pengelolaan berita melalui website dan media digital. Dari Kemenag, dapat diambil ilmu bagaimana melakukan transfomasi konten website yang dikelola mereka menjadi website yang sesuai dengan audiensi yang mereka miliki. Sementara dari Bea dan Cukai, inovasi pengelolaan media digital yang berjenjang sangat menarik untuk dipelajari dan diimplementasikan di kemudian hari.

Sehabis rehat, materi dilanjutkan oleh Kepala Desk Politik dan Hukum Harian Kompas, berbagi ilmu mengenai tulisan dan bagaimana bercerita lewat tulisan tersebut. Materi ini juga disambut antusias peserta webinar dimana selama ini kemampuan menulis yang dimiliki masih perlu ditingkatkan dan terbukti dengan pertanyaan dan diskusi dari peserta kepada narasumber. Rangkaian kegiatan webinar “imi-provemnet I” yang telah dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan media informasi yang dimiliki insan imigrasi dengan harapan selangkah lebih dekat menuju Ruang Redaksi Digital.

Menu