Berita

Imigrasi Sampit Ikuti Kumham Public Relations Summit 2021

Sampit – Kemenkumham RI melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual kembali membekali kompetensi seluruh insan pengayoman yang tersebar di berbagai daerah dalam hal pengelolaan kehumasan dan media bertajuk Kumham Public Relations Summit Tahunn 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Shangri-La Jakarta dan dihadiri seluruh perwakilan kantor wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari selasa (23/11). Kepala Kantor beserta pegawai pengampu tugas dan fungsi kehumasan imigrasi sampit mengikuti kegiatan tersebut secara langsung melalui platform konferensi video.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Irjen Kemenkumham RI (Razilu) dimana nantinya giat Kumham PR Summit Tahun 2021 ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 23 – 24 Nonvember 2021. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa Kemenkumham RI memerlukan komunikasi dan pencitraan publik yang merupakan peran penting dari kehumasan. Untuk itu di era industri dan digital yang berkembang pesat ini, manajemen kehumasan diperlukan untuk membangun citra positif. “Kemenkumham memerlukan manajemen kehumasan yang profesional, adaptif, dan inovatif sesuai tuntutan zaman” tegas beliau.

Sesuai dengan tema kegiatan “Sinergi Humas Kemenkumham untuk Indonesia Tangguh di era Ekonomi Digital” narasumber yang dihadirkan merupakan praktisi dalam bidang kehumasan diantaranya Warek IV LSPR Jakarta (Lestari) yang menjelaskan apa itu humas pemerintah dan bagaimana komunikasi politik di Era Ekonomi Digital serta Dewan Pakar DPP Perhumas (Diah Sari) yang menjelaskan peran humas pemerintah dalam krisis komunikasi. Berbagai materi yang disampaikan tersebut diharapkan dapat menjawab peran dan tanggung jawab humas di Kemenkuham RI untuk membangun citra positif dengan berbagai cara komunikasi yang efektif dan tentunya mengjangkau masyarakat luas.

Di tempat yang sama, narasumber yang berasal dari korporasi dan lintas instansi juga turut dihadirkan sebagai bahan perbandingan dan memperoleh pengetahuan literasi lebih dalam mengelola kehumasan, diantaranya Kasubdit Humas DJP Kemenkeu RI (Dwi Astuti) dan Coorporate Communication Director Danone Indonesia (Arif Mujahidin). Keduanya menjelaskan bagaimana strategi yang ditempuh untuk mengelola kehumasan yang efektif dan mampu memberikan informasi kepada masyarakat secara komuinikatif. Narasumber terkahir yang juga merupakan Tim Strategi Komunikasi Kemenkumham RI (Bane Raja Manalu) berbagi Ilmu bagaimana berpikir sebagai seorang penerbit dengan tujuan sebagai problem solver di era media konvergensi yang menuntut respon cepat, konten berita yang dikelola dengan baik, serta memahami audiensi.

Kepala Kantor (Bugie Kurniawan) disela kegiatannya menyampaikan kegiatan Kumham PR Summit Tahun 2021 diharapkan dapat menambah kompetensi dan wawasan dalam mengelola kehumasan yang ada di Imigrasi Sampit sehingga menghadirkan citra positif Imigrasi di Kab. Kotawaringin Timut terlebih kepada  institusi Kemenkumham RI.

Menu