Berita

Karsa Ikuti Supervisi Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2022

Sampit (09/06) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit (Karsa) menugaskan Operator SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) untuk mengikuti supervisi Pagu indikatif Tahun Anggaran 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dengan perserta dari seluruh satuan kerja pemasyarakatan dan imigrasi yang ada di wilayah Kelimantan Tengah.

Bertempat di Aula Kahayan, kegiatan supervisi tersebut dilangsungkan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 07 s.d. 08 Juni 2021. Dijelaskan, SAKTI adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Bagian Program dan Humas, Diana Soekawati menjelaskan penelitian dokumen RKA-KL pagu indikatif 2022 dilakukan agar sesuai dengan dengan kaidah penganggaran dan rencana kerja melalui perencanaan dan kinerja anggaran satker. Sementara itu, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan pagu indikatif adalah indikasi awal kebutuhan anggaran untuk membiayai pelaksanaan target kinerja yang akan dicapai pada tahun berikutnya.

Harapannya seluruh operator melalui supervisi ini dapat mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SAKTI pada satuan kerjanya dimulai dari tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Menu