Berita

Karsa Ikuti Uji Coba Aplikasi Pelaporan Orang Asing

Senin (31/5) Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit bersama dengan staff Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian mengikuti rapat persiapan uji coba Aplikasi Pelaporan Orang Asing atau APOA berbasis QR secara daring yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengawasan Keimigrasian yang bekerjasama dengan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian.

Rapat ini membahas uji coba Aplikasi Pelaporan Orang Asing yang nantinya akan memiliki dua versi yakni versi mobile dan versi web app. Aplikasi ini memiliki keunggulan tracking pergerakan orang asing yang berada di Indonesia semenjak masuk melalui Tempat Pemeriksaan Orang Asing (TPI) perlintasan hingga ke daerah-daerah di Indonesia. Selain itu aplikasi ini juga dapat menyimpan data perlintasan, status izin tinggal hingga overstay. Aplikasi ini menggunakan teknologi QR Code yang memudahkan pelaporan dengan pemindaian kode yang ada di sticker Izin Tinggal Orang Asing.

Direktur Pengawasan Keimigrasian mengatakan nantinya akan ada Permenkumham yang mengatur penggunaan APOAm dimana pihak hotel atau perusahaan yang tidak melaporkan dan menggunakan aplikasi ini setelah diberikan sosialisasi maka akan dikenakan sanksi.

Menu