Berita

Komitmen Imigrasi Sampit Siap Sapu Bersih Pungli dan Gratifikasi

Sampit (11/06) Sebagai satuan kerja pelayanan publik dalam bidang keimigrasian yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kantor Imigrasi Sampit (Karsa) berkomitmen penuh memberikan layanan publik yang cepat, tepat, responsif dan tentunya bebas pungli dan gratifikasi. Komitmen tersebut sejalan dengan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK Tahun 2021 yang dilaksanakan imigrasi sampit. Untuk mewujudkan hal tersebut, imigrasi sampit rutin melaksanakan kegiatan – kegiatan diskusi, in house training, dan internalisasi kepada seluruh pegawai.

Pada hari Jumat pagi, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit bekerjasama dengan Polres Kotawaringin Timur sebagai Satuan Tugas Saber Pungli Kab. Kotawaringin Timur melaksanakan internalisasi pengendalian gratifikasi dan sapu bersih pengutan liar kepada seluruh pegawai.

Bertempat di ruang pelayanan, kegiatan dibuka oleh kepala kantor Bugie Kurniawan dan menyampaikan terima kasih atas atensi yang diberikan pihak Polres Kotim sehingga bersedia memberikan materi pengendalian pungli dan gratifiaksi kepada pegawai imigrasi sampit. “Atensi dan materi yang diberikan oleh pihak polres pagi ini semoga menambah pemahaman seluruh pegawai disini mengenai pungli dan gratifikasi, serta kedepannya semoga kedua instansi dapat bekerjasama lebih lagi terutama memberikan rasa aman kepada masyarakat kotim”.

Narasumber Satgas Pungli Turseno memberikan materi pada kegiatan kali ini. Beliau sebagai tim Satgas Pungli Kab. Kotim mengapresiasi kegiatan ini karena komitmen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dalam memberantas pungli, korupsi, dan gratifikasi. Dalam materinya, Turseno menjelaskan tugas dan tanggung jawab Satgas Pungli yang didirikan dari tahun 2016 sesuai Perpres 87 Tahun 2016. “Perilaku pungli tidak sesedarhana yang dipikirkan karena dampak yang diberikan tidak hanya kepada satu bidang saja, melainkan lebih masif lagi”, ujarnya. Strategi yang dilakukan satgas dalam memberantas pungli dan gratifikasi juga dijelaskan melalui sinergi dengan instansi lainnya. Terakhir, peran serta masyarakat Kab. Kotim dalam hal pelaporan pungli dan gratifikasi telah diakomodir lewat aplikasi Saber Pungli Kalimantan Tengah yang dapat diunduh di Playstore dan AppStore.

Menu