Berita

Tingkatkan Kualitas Satuan Pengamanan, Imigrasi Sampit Lakukan In House Training

Sampit – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit terus berbenah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan untuk meningkatan kualitas SDM Satuan Pengamanan (Satpam) dalam memberikan informasi pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dan pengamanan lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit. Langkah yang diambil imigrasi adalah dengan melakukan kegiatan in house training bersama PT. BRI (Persero) Tbk, Cabang Sampit, Kotawaringin Timur dengan tema “Peningkatan Kualitas Kinerja Petugas Satuan Pengamanan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit”. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Pelayanan dengan diikuti seluruh PPNPN Satpam serta dihadiri langsung Kepala Kantor beserta jajaran pada Senin (22/11) pagi.

Kepala kantor, Bugie Kurniawan dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyambut baik kegiatan seperti ini yang memberikan dampak nyata terhadap kualitas petugas satuan pengamanan dalam memberikan pengamanan dan pelayanan. Beliau berharap semoga materi yang didapatkan pada kesempatan ini dapat meningkatkan skill dan pemahaman bagaimana menjadi Satuan Pengamanan dalam memberikan service excellent sebagai garda terdepan pelayanan publik keimigrasian dan terkhusus dalam mengamankan lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit. Lebih lanjut, Bugie mengucapkan terimakasih kepada PT. BRI Cabang Sampit atas kesediaan berbagi ilmu dan pengalamannya, semoga kedepannya kerjasama tetap terjalin dan terlaksana kegiatan – kegiatan yang saling berkesinambungan.

Narasumber dari pihak Bank BRI diwakili oleh Ridho Kusmaryadi (RM Briguna) dan Andri (Satuan Pengamanan BRI Sampit). Pada kesempatan yang berikan, Ridho memberikan materi sesuai dengan tema kegiatan in house training dengan menjelaskan kriteria satuan pengamanan Bank BRI dan tugas utamam dalam bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Secara khusus, Ridho menjelaskan tugas satuan pengamanan ada dua yaitu sebagai navigator artinya satuan pengamanan sebagai pemberi informasi kepada konsumen mengenai produk/jasa dan memberi petunjuk pos pelayanan sesuai permintaan konsumen, dan sebagai pengamanan artinya satuan pengamanan mejaga ketertiban dan keamanan lingkungan kantor. Lebih lanjut, Andri yang bertugas sebagai satuan pengamanan di Bank BRI Sampit memberikan beberapa materi secara lisan dengan mempraktekkan langsung kepada peserta bagaimana seorang satuan pengamanan sebagai navigator dan pengamanan. Disisi lain, kiat-kiat dalam bertugas juga disampaikan agar menjadi satuan pengamanan yang responsif dan peka terhadap lingkunga sekitar. “Pesan saya kepada teman – teman yang bertugas sebagai satuan pengamanan disini, kita sebagai petugas harus bisa memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh masyarakat artinya tidak membeda – bedakan perlakuan kita kepada yang datang dan berkunjung ke tempat kita bertugas” tutup Andri.

Terakhir kegiatan dilanjutkan dengan role play dari satuan pengamanan imigrasi sampit dalam bertugas disertai dengan perbaikan dan koreksi yang dirasa perlu sehingga menghasilkan pelayanan prima kepada masyarakat. Dilanjut dengan tanya – jawab dan sharing ilmu mengenai satuan pengamanan.

Menu