Inovasi Pelayanan

Jembatani Layanan Waktu Istirahat (JELAWAT)

Jembatani Layanan pada Waktu Istirahat (JELAWAT)” pada Kantor Imigrasi kelas II TPI Sampit ini adalah upaya untuk memberikan pelayanan keimigrasian terhadap permohonan pengambilan paspor, informasi keimigrasian (Layanan WNI, WNA dan Alat Angkut), Pengambilan Paspor WNA/TKA, Pemberitahuan kedatangan/keberangkatan Alat Angkut, Pembuatan Paspor baru/penggantian.

BAP Online Kantor Imigrasi Sampit (BOKIS)

Salah satu inovasi unggulan terbaru yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit adalah dengan menghadirkan layanan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Online terhadap paspor hilang, rusak dan perubahan data. Layanan inovasi ini dinamakan dengan BOKIS (BAP Online Kanim Sampit). Inovasi BOKIS dilaksanakan sebagai jawaban dari beberapa keluhan masyarakat di 3 Kabupaten Yakni Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Lamandau yang terkendala jarak dan waktu tempuh untuk melakukan proses BAP terhadap pelayanan paspor tersebut. Masyarakat dapat melakukan permohonan penggantian papsor hilang, rusak dan perubahan data di Unit Kerja (UKK) Imigrasi Pangkalan Bun melalui fasilitas layanan BOKIS ini terhitung sejak tanggal 02 Oktober 2023. Dengan hadirnya layanan BOKIS ini diharapkan akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pelayanan keimigrasian serta memberikan kontribusi yang nyata bagi negeri.

Notifikasi dan Antar Paspor Kantor Imigrasi Sampit (NAPA KARSA)

Notifikasi dan Antar Paspor Kantor Imigrasi Sampit atau NAPA KARSA merupakan sebuah Inovasi terbaru dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat khususnya pada lingkungan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit. Layanan inovasi ini bergerak pada digitalisasi administrasi dengan memberikan Notifikasi pemberitahuan kepada pemohon ketika paspor mereka telah selesai dan siap diambil, kemudian juga Inovasi ini bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia dengan melakukan Perjanjian Kerjasama Pengiriman paspor yang dapat menjangkau wilayah Kantor Imigrasi Sampit pada 6 Kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Katingan. Diharapkan dengan adanya Invoasi ini dapat mengurangi beban masyarkat yang harus menempuh jarak yang jauh dalam melakukan pengambilan paspor pada Kantor Imigrasi Sampit serta meningkatkan pelayanan Keimigrasian pada Provinsi Kalimantan Tengah.

Layanan Lantatur Karsa

Merupakan Layanan Tanpa Turun atau drive thru kantor imigrasi sampit yang ditunjukan kepada masyarakat untuk mengambil paspor tanpa harus masuk ke dalam gedung Kantor Imigrasi Sampit dan bahkan tanpa turun dari kendaraan bermotor.

Layanan KARSA MANDAU

Adalah inovasi pelayanan jemput bola Kantor Imigrasi Sampit yang dilakukan untuk memudahkan masyarakat jika ingin melakukan pengurusan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) tanpa harus ke Kantor ataupun ke UKK Kotawaringin Barat.

Layanan Whatsapp Gateway

Merupakan layanan komunikasi aktif yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Sampit untuk berkomunikasi kepada pengguna layanan keimigrasian melalui nomor whatsapp resmi Kantor Imigrasi Sampit

Layanan Eazy Passport

Merupakan layanan Urus Papor secara kolektif Untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat, kepada masyarakat dalam pembuatan paspor. Dengan “Layanan Eazy Passport” kami melayani pembuatan paspor secara kolektif di lokasi pemohon dengan menggunakan mobil unit layanan paspor keliling.

Melayani Permohonan
– Perkantoran/Instansi
– Instansi Pendidikan
– Komunitas/Organisasi
– Komplek Perumahan/Apartemen

Ketentuan
– Mengajukan permohonan kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit
– Melayani minimal 50 permohonan/hari
– Hanya melayani permohonan paspor baru dan penggantian
– Jadwal layanan ditentukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit

SOP INOVASI LAYANAN KANTRO IMIGRASI SAMPIT

Menu